7 Bentuk Psikotes Untuk Mengetahui Potensi Kandidat

Untuk mengetahui potensi kandidat, salah satu tes yang dilakukan oleh perusahaan adalah psikotes. Ini dia 7 bentuk psikotes tersebut.

Psikotes adalah salah satu cara untuk menguji apakah seorang kandidat tepat menempati posisi yang tersedia di sebuah perusahaan. Secara umum, tes ini berguna untuk mengetahui kualitas dan potensi calon pelamar. Selain itu, psikotes juga bisa mengungkap karakter seseorang.
Dari hasil psikotes tersebut, pihak HRD dapat menentukan kandidat terbaik yang diharapkan dapat memberi kontribusi besar terhadap perusahaan. Nah, berikut adalah beberapa bentuk psikotes untuk mengetahui potensi kandidat tersebut.

1. Draw A Man (DAM)

Draw A Man adalah salah satu bentuk psikotes yang biasa digunakan dalam tes seleksi karyawan. Dalam tes ini, calon karyawan diinstruksikan untuk menggambarkan satu sosok manusia sesuai imajinasinya. Tidak ada aturan khusus yang harus dipenuhi untuk tes ini.
Tujuan tes Draw A Man adalah untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, gambaran diri, serta ketahanan dan kestabilan seseorang dalam pekerjaan.

2. Tes Analogi Verbal

Ini adalah bentuk psikotes yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana seorang kandidat memahami konsep sebab akibat permasalahan dalam pekerjaan. Tes ini sebenarnya sederhana, yaitu meminta kandidat menunjukkan korelasi makna, sinonim, atau antonim kata tertentu.

3. Tes Logika Aritmatika

Berbeda dari Tes Analogi Verbal yang menguji kemampuan berbahasa, Tes Logika Aritmatika menguji kemampuan berhitung. Dalam tes ini, peserta tes diminta untuk melakukan penambahan, pengurangan, pengalian, atau pembagian dalam suatu deret.

Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan peserta dalam menganalisis sebuah masalah. Ia juga mampu memahami pola sekaligus dapat memprediksi hal selanjutnya berdasarkan pola tersebut.

4. Tes Kraeplin (Pauli)

Salah satu bentuk psikotes untuk mengetahui potensi kandidat lainnya adalah tes kraeplin atau pauli. Ada juga yang menyebutnya tes koran. Ini adalah sebuah tes yang bertujuan untuk menilai konsistensi, sikap terhadap tekanan, kemampuan menyesuaikan diri, ketelitian, serta kecepatan dalam menyelesaikan tugas.
Tes ini sebenarnya sederhana. Peserta hanya perlu menjumlahkan angka-angka yang tertulis dalam lajur-lajur yang tersedia. Jumlah angka yang harus dijumlahkan memang sangat banyak. Dengan analisis tertentu, penguji akan menilai kemampuan peserta dari hasil tersebut.

5. Tes Wartegg

Potensi kandidat juga bisa diketahui melalui sebuah bentuk tes psikotes yaitu tes wartegg. Dalam tes ini, peserta akan menggambar sejumlah bentuk yang sudah tersedia, yaitu titik, garis kurva, lingkaran, garis memotong, atau garis melengkung. Kemudian, peserta menuliskan urutan gambar yang dibuat dan menentukan jenis gambar yang paling disukai.

Meskipun terlihat sepele, hasil tes ini dapat menentukan emosi dan imajinasi seseorang. melalui tes ini pula, penguji bisa mengetahui aktivitas dan intelektual seorang individu.

6. BAUM Test

BAUM Test lebih akrab dikenal sebagai tes menggambar pohon. Menggambar pohon tidak sesederhana yang diketahui selama ini. Untuk mengetahui potensi kandidat, peserta harus menggambar dengan detail, mulai dari batang, daun, hingga buah.

Dari hasil tes ini dapat terlihat kualitas seorang individu, khususnya etos kerja. Kandidat yang senang menunda pekerjaan atau kurang sabar dalam melakukan tugasnya akan dapat diketahui.

7. Army Alpha Intelegence Test

Tes ini juga dapat digunakan untuk mengetahui potensi kandidat yang layak untuk dipekerjakan. Bentuk tesnya adalah 12 soal yang isinya adalah kombinasi deretan angka dan huruf. Dari hasil tes ini, peserta yang memiliki kemampuan daya tangkap tinggi akan terlihat. Para peserta yang dapat bekerja secara cepat juga bisa diketahui.

Leave a Reply & Share it.

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Tentang Oketes

Oketes adalah penyedia aplikasi rekrutmen dengan proses dan hasil yang efisien dan efektif. Aplikasi rekrutmen (Effective Recruitment Tools / ERT) Oketes menjadikan waktu dan jarak bukan lagi kendala dalam proses perekrutan karyawan.

Recent Posts