Tips Membangun Networking Yang Benar Dalam Bisnis

Membangun jaringan merupakan keterampilan yang harus Anda miliki dalam dunia bisnis. Dengan mempunyai jaringan yang luas, kesempatan mendapatkan klien, relasi, dan pekerjaan baru menjadi semakin mudah. Banyak tips membangun networking yang dapat Anda pelajari. Sebelumnya, perlu Anda ingat bahwa kepiawaian berkomunikasi merupakan landasan penting untuk berjejaring. Anda juga harus memupuk kepercayaan diri sebelum mempraktikkan tips sederhana berikut.

Tentukan tujuan networking Anda

Anda harus menetapkan tujuan sebelum melakukan tindakan apa pun, termasuk membangun jaringan bisnis. Upaya ini memakan waktu cukup lama, sehingga Anda perlu menetapkan objektif yang ingin dicapai.

Tulislah dalam catatan, kapan bisnis Anda bisa dikenal oleh komunitas-komunitas yang akan didekati. Catatan ini berfungsi sebagai panduan agar langkah Anda lebih jelas dan terarah. Masukkan juga tujuan khusus mengapa Anda harus memiliki hubungan dengan pihak tertentu.2.

Membiasakan diri mengembangkan jaringan

Tips membangun networking yang kedua yaitu biasakan diri untuk menghadiri acara atau program yang mempunyai kaitan dengan bisnis Anda. Selain acara formal, upayakan juga untuk mengikuti pertemuan informal demi mencari kenalan baru. Usahakan untuk mengenali orang-orang yang berpengaruh dalam sebuah komunitas atau jaringan yang dapat membantu memperkenalkan bisnis Anda.

Banyaknya pertemuan yang diikuti untuk membangun jaringan akan membuat mental Anda semakin kuat. Setelah terbiasa, Anda tak perlu lagi berpikir untuk melakukannya. Waktu berkumpul dalam acara apa pun akan dengan mudah Anda manfaatkan untuk membangun jejaring.

Tunjukkan keunikan diri Anda

Semua orang yang terlibat dalam bisnis hampir dipastikan melakukan perluasan jaringan dengan cara masing-masing. Inilah mengapa harus mempertimbangkan alasan orang lain perlu berjejaring dengan Anda. Temukan sisi unik dan berbeda yang membuat pihak lain harus berhubungan dengan Anda.

Bila perlu, tuliskan apa saja kelebihan dari bisnis, produk, atau gagasan Anda yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jika tak menemukannya, cobalah berinovasi agar memperoleh keunikan Anda sendiri.

Buatlah daftar relasi

Relasi dan kenalan yang sudah Anda kumpulkan harus dicatat agar informasi tentang mereka bisa dimanfaatkan jika perlu. Selain buku agenda, manfaatkan juga fitur di telepon pintar untuk menyimpan data.

Letakkan orang-orang penting dan berpengaruh pada daftar teratas catatan Anda. Kemudian tuliskan juga peran mereka dan apa yang mungkin bisa Anda dapatkan untuk perkembangan bisnis. Saat ini, Anda dapat membangun jaringan dengan mudah melalui media sosial. Ikuti komunitas dan grup yang aktif di sana, lalu mulailah membangun networking.

Lakukan tindak lanjut

Rencanakan sebuah tindak lanjut sebelum Anda mengakhiri perbincangan dengan calon relasi. Tindak lanjut dapat diwujudkan dengan berjanji bertemu di lain waktu atau mengirimkan brosur produk Anda lewat e-mail.

Buatlah jadwal untuk menghubungi kenalan Anda kembali dan bicarakan rencana kerja sama di masa yang akan datang. Tips membangun networking ini sangat penting agar langkah permulaan Anda tidak berlalu sia-sia.

Bawalah kartu nama kapan saja

Kartu nama mungkin tak terlalu penting di era digital ini. Namun, kartu nama dapat digunakan untuk memulai perkenalan agar lawan bicara yakin terhadap Anda. Kartu nama juga bisa menjadi pengingat terhadap kontak yang baru didapatkan.

Tingkatkan hubungan menjadi lebih dekat

Bertemu sekali atau sekilas di sebuah pertemuan tidak menjamin hubungan yang dekat. Perkenalan hanya sebuah awal, selanjutnya Anda harus memperdalam hubungan dengan mengatur pertemuan lagi atau mengirim e-mail. Memelihara hubungan yang sudah dijalin sama pentingnya dengan membangun jaringan baru. Tak jarang Anda bisa memperoleh bantuan atau tawaran kerja dari rekan lama. Tips membangun networking ini penting untuk dilakukan agar orang yang sudah Anda kenal tidak diabaikan begitu saja.

Oketes dapat memberikan tips membangun networking yang benar untuk mempermudah Anda mengembangkan bisnis. Jangan lupa bahwa kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi sangat penting dalam hal ini.

Leave a Reply & Share it.

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

Tentang Oketes

Oketes adalah penyedia aplikasi rekrutmen dengan proses dan hasil yang efisien dan efektif. Aplikasi rekrutmen (Effective Recruitment Tools / ERT) Oketes menjadikan waktu dan jarak bukan lagi kendala dalam proses perekrutan karyawan.

Recent Posts